Thursday, April 24, 2014

Tes Seleksi Penerimaan CPNS 2014 Wajib Gunakan Sistem Komputer CAT

Posted by Polazila at 7:11 PM
Penggunaan sistem Computer Assisted Test (CAT) pada pendaftaran cpns tahun 2014 diwajibkan oleh Pemerintah. Hal ini seperti diutarakan dan dinyatakan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar seperti informasi yang didapatkan dari laman website menpan.go.id bahwasannya pelaksanaan tes CPNS dari jalur pelamar umum tahun 2014 wajib menerapkan sistem computer assisted test (CAT).

Hal ini seperti yang tercantum di dalam surat bernomor B-2432/M.PAN.RB/7/2013 tertanggal 29 Juli 2013 bahwa menteri juga berharap seluruh pejabat pembina kepegawaian (PPK) instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem CAT dimaksud di dalam hal tes seleksi rekrutmen calon pegawai negeri sipil di tahun ini juga.

Tes CPNS 2014 Wajib Pakai Sistem CAT

Sistem CAT memang diharapkan akan bisa dalam hal untuk meminimalisir kecurangan dalam proses seleksi Penerimaan CPNS 2014. Hasil dari CAT itu bisa segera ditampilkan secara real time pada akhir setiap bagian tes, untuk mengetahui peserta yang lulus dan gagal dalam tahapan seleksi. Pada penerimaan CPNS 2013 baru 73 instansi yang menggunakan CAT dalam proses rekrutmen calon pegawai negeri sipil.

Untυk mendukung keberhasilan sistem CAT, BKN ѕυԁаh menyiapkan tambahan infrastruktur. Tahun depan yaitu tahun ini, setiap Kanreg BKN menyiapkan 100 CAT. Sеmеntаrа saat іnі, BKN baru memiliki 740 unit CAT. Dаrі јυmƖаh іtυ, 600 unit ԁі antaranya tersebar ԁі 12 kantor regional (Kanreg).

Berikut ini hal yang diutarakan oleh Setiawan Wangsaatmaja selaku Deputi SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) bahwa tahun ini sistim pengadaan CPNS 2014 di seluruh Indonesia menggunakan CAT>. Kalau tahun lalu, masih diberikan pilihan karena intrastruktur Badan Kepegawaian Negara (BKN) belum lengkap, tahun 2014 tidak ada pilihan lain kecuali CAT.

Pilihan KemenPAN-RB ke CAT, lanjutnya, karena anggarannya lebih sedikit. Tidak seperti sistim lembar jawab komputer (LJK) yang menelan anggaran puluhan miliaran rupiah. "CAT tidak membutuhkan anggaran besar. Personil yang diturunkan untuk pengawasan pun tidak sebanyak LJK," terangnya.

pemerintah pusat kembali membuka peluang bagi masyarakat untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2014 ini. Namun seleksi CPNS kali ini berbeda dengan pelaksanaan seleksi tahun-tahun sebelumnya, yakni menggunakan sistem CAT. Untuk itulah maka diperlukan pula akan pengetahuan perihal tips cara mengerjakan soal CAT CPNS dengan memahami dan belajar akan latihan soal-soal tes cpns terbaru 2014.

G+

0 comments:

Post a Comment