Thursday, February 14, 2013

Kecerdasan Anak

Posted by Polazila at 10:29 PM
Mengetahui secara dini akan berbagai macam jenis kecerdasan anak terutama pada anak-anak kita akan memudahkan kita para orang tua mengarahkan buah hati kita agar kecerdasan yang dimilikinya bisa berkembang dengan baik dan juga sesuai dengan bakat minat yang dimilikinya. Untuk itulah kita perlu juga untuk mengenali akan beraneka ragam jenis kecerdasan pada anak. Demikian yang banyak diutarakan blogger satu ini.

Kita sebagai para orang tua juga perlu menyadari bahwa seorang anak lahir akan mempunyai kelebihan baik itu dalam bidang bakat yang dimilikinya atau pun kelebihan dalam suatu jenis kecerdasan anak sendiri. Bila dalam sebuah keluarga mempunyai beberapa anak pastinya satu anak dengan anak lainnya mempunyai kelebihan dan kekurangan dalam hal segi taraf tingkat kecerdasan anak itu sendiri. Lebih bagus lagi bila kita bisa mengetahui bakat anak sejak dini akan sangat membantu dan memudahkan kita para orang tua.

Jenis Kecerdasan Anak

Ada beberapa yang masuk dalam kategori kecerdasan yang bisa dimiliki oleh para anak-anak kita. Diantaranya yaitu bisa berupa :
  1. Kecerdasan Logis Matematis. Tipe kecerdasan anak ini berkaitan dengan kemampuan dalam mengolah hal-hal yang bersifat matematis dan juga hal yang ilmiah. Seorang anak yang lebih yang menonjol dalam bidang ini, biasanya akan lebih pintar dan cepat dalam hal berhitung dan matematika, lihai mengoperasikan komputer, suka dengan permainan sejenis teka-teki.
  2. Kecerdasan Bahasa. Bagi seorang anak yang cerdas dalam hal bahasa akan mampu menggunakan kata-kata dengan bagus dan juga baik dalam hal berbicara atau pun melalui tulisan. Kemampuan dalam hal berbicaranya akan lebih cepat daripada anak-anak yang seusia dengannya.
  3. Kecerdasan Musikal. Hal yang satu ini berkaitan erat dengan kemampuan anak dalam hal bermain alat musik maupun bertanya. Anak akan lebih banyak menunjukkan minat yang besar dan mudah menguasai berbagai macam jenis alat musik ..
  4. Kecerdasan Kinestetik. Jenis macam kecerdasan yang satu ini ditunjukkan dengan anak-anak yang cerdas jasmani dan mempunyai kemampuan menggerakkan anggota badan dari mulai kepala sampai dengan kaki dengan baik. Kemampuan fisiknya akan berkembang lebih cepat dibandingkan dengan anak-anak seusianya. Dengan kita mengenali akan jenis kecerdasan ini kita bisa menggunakan beberapa cara tips meningkatkan kecerdasan anak pula.
  5. Kecerdasan Naturalis. Dalam hal ini, anak akan lebih mampu mengenal, mencintai, dan juga memelihara aneka bentuk, ragam yang ada di alam sekitar. Akan lebih terlihat setelah anak berusia 5 tahun ke atas karena anak akan lebih mampu mengeksplorasi lingkungan yang lebih luas. Dan hal ini juga masuk dalam tahap perkembangan anak yang baik.
  6. Kecerdasan Visual Spasial. Bakat anak dalam hal ini berhubungan dengan visual dan juga ruangan. Anak biasanya akan mempunyai ketertarikan dan kemampuan yang lebih dalam berbagai macam permainan yang contohnya adalah permainan seperti pazel, membaca peta, membuat diagram dan lainnya. Dan ini termasuk dalam 8 jenis kecerdasan anak pula yang pelu kita mengenalinya.
  7. Kecerdasan Interpersonal. Kepandaian anak jenis ini berkaitan dengan kemampuan seseorang untuk menjalin hubungan serta relasi dengan orang lain. Pada umumnya anak akan senang dalam hal permainan yang melibatkan banyak interaksi dengan orang lain bersosial, serta memahami perasaan dan pikiran orang lain (rasa empati).
  8. Kecerdasan Intrapersonal. Hal ini berkaitan dengan pemahaman akan diri sendiri pada diri seorang anak. Biasanya akan terlihat dan dikenali dengan anak menunjukkan ketertarikan dan kemampuan dalam memahami diri sendiri, menghayati dan menghargai perasaan, ketakutan, harapan.
Setelah kita mengetahui serta mengenali kecerdasan anak maka kita perlu juga mengetahui cara stimulasi kecerdasan anak terutama juga pada anak-anak kita. Apalagi dengan multi talenta pada anak yang dimilikinya, orang tua butuh perhatian ekstra akan hal yang satu ini pula. Karena ini adalah bagian dari sebuah tanggung jawab orang tua yang harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

G+

0 comments:

Post a Comment