Tuesday, February 19, 2013

Hubungan Mendengkur Dan Kesehatan

Posted by Polazila at 10:13 AM
Ada beberapa jenis gangguan tidur yang bisa mengganggu kesehatan kita bila kita tidak segera memperbaiki atau pun melakukan beberapa terapi penyembuhan. Dan salah satu dari gangguan tidur yang bisa memberikan dampak buruk terhadap kesehatan adalah mendengkur.

Yang dimaksud dengan pengertian mendengkur adalah suara yang ditimbulkan saat tidur karena adanya getaran jaringan pada saluran udara bagian atas. Umumnya suara tersebut dihasilkan saat seseorang bernapas (biasanya dihasilkan ketika menarik napas) selama tidur yang pada gilirannya menyebabkan getaran di langit-langit lunak dan uvula (benda yang menggantung di bagian belakang tenggorokan).

Suara inilah yang menjadi sebab tidur bisa terganggu. Inilah yang dimaksud dengan definisi atau makna mendengkur / mengorok.

Hubungan Mendengkur Dan Kesehatan

Kebanyakan orang yang mempunyai kebiasaan ngorok ini melakukan pemeriksaan ke tenaga kesehatan setelah mendapatkan komplain dari pasangan tidurnya. Bisa dari sang suami atau pun istri yang seringkali merasakan gangguan akibat mengorok ini.

Ada beberapa jenis penyakit yang ternyata berhubungan erat dengan kebiasaan mendengkur ini. Hal ini dinyatakan oleh salah seorang Dr. Neurolog yaitu dr. Yofita Andhitara, SpS,M.Si.Med yang menyatakan bahwasannya penyakit stroke berhubungan dengan kebiasaan ngorok ini. Untuk itu kita tidak boleh menganggap enteng mendengkur ini.

Hal ini karena terjadi kerusakan pembuluh darah atau pun peradangan yang menyebabkan stroke ini akibat dari kekurangan oksigen dari gangguan henti nafas ketika mendengkur atau mengorok tersebut. Penelitian baru dari Jerman pada konferensi stroke Internasional 2012 lalu ada hubungan stroke dan mendengkur.

Yakni sebanyak 91% pasien stroke akut mempunyai riwayat mendengkur disertai henti nafas saat tidur ini.

Penyebab mengorok mendengkur ini bisa dikarenakan beberapa hal berikut ini :
  • Adanya pembesaran dari amandel.
  • Obat-obatan yang menyebabkan mengantuk.
  • Konsumsi minuman beralkohol.
  • Faktor keturunan genetik. Ini dikarenakan bentuk saluran nafas (rahang) yang sempit.
  • Posisi tidur terlentang.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh seseorang yang mempunyai kebiasaan mendengkur ini untuk melakukan pengobatan atau pun terapi penyembuhan pengobatan mengorok. Dan yang termasuk dalam tips mengatasi kebiasaan mendengkur adalah dengan cara :
  1. Mengubah dan memperbaiki gaya hidup. Ini yang dilakukan dengan perubahan atau pun memperbaiki gaya hidup dengan cara berikut ini mengurangi berat badan bagi para penderita obesitas. Mengurangi bahkan berhenti dari kebiasaan merokok serta juga mengkonsumsi minuman beralkohol. Tidur yang cukup dan menghindari tidur larut malam (begadang). Dan ini juga masuk dalam usaha cara tips mengatasi kebiasaan mendengkur yang bisa kita coba lakukan.
  2. Jika telah dilakukan cara perubahan gaya hidup masim tetap mengalami hal ini, langkah selanjutnya adalah dengan memakai alat CPAP (Continuous Positif Airway Pressure). Alat ini digunakan selama tidur dan fungsinya yaitu memasukkan semacam udara dengan memakai masker, dimana fungsi udara ini untuk "membuka" aluran nafas yang terhambat ketika berada dalam tahapan tidur.
Kebiasaan mengeluarkan suara ngorok saat tidur ini juga tidak hanya terjadi pada orang dewasa. Anak-anak juga kerapkali mempunyai kebiasaan mendengkur seperti ini juga. Dan sama dengan orang dewasa, mendengkur pada anak juga harus segera dicari tahu penyebab dan dicarikan solusi kesehatannya yang benar dan tepat pula.

G+

0 comments:

Post a Comment