Tuesday, August 27, 2013

Keputihan Pada Ibu Hamil

Posted by Polazila at 9:20 AM
Keputihan pada wanita adalah merupakan hal yang kerapkali terjadi pada sebagian besar wanita. Hal ini karena memang organ reproduksi perempuan yang satu ini rentan untuk terjadinya gangguan keputihan. Termasuk juga bila keputihan pada ibu hamil ini juga seringkali terjadi pada kehamilan. Karena ini juga masuk dalam kategori perubahan ibu hamil yang perlu juga untuk diwaspadai oleh para kaum ibu yang sedang mengandung.

Keputihan saat hamil biasanya terjadi karena adanya pengaruh hormon wanita yang diproduksi selama dalam masa kehamilan, yakni hormon estrogen. Namun, para ibu juga harus waspada karena perubahan hormonal ini juga dapat mengakibatkan perubahan keseimbangan keasaman vagina, sehingga menyebabkan munculnya jamur yang mencetus iritasi. Untuk itu, ada baiknya jika kita juga harus selalu untuk mewaspadai keputihan pada ibu hamil karena bisa saja menimbulkan risiko yang negatif pada kehamilan dan janin.

Penyebab Keputihan.
Yang menyebabkan keputihan dan masalah kewanitaan yang satu ini terutama pada waktu hamil muda hampir sama dengan penyebab keputihan pada umumnya. Penyebab umum yang pertama adalah masalah kebersihan daerah kewanitaan. Apabila sedang dalam masa kehamilan dan masih menggunakan celana dalam dari bahan sintetis yang ketat, ini saatnya untuk mengganti celana dalam yang pas dan nyaman dan terbuat dari bahan yang lembut.

Pakaian dalam dari bahan sintetis yang ketat akan membuat daerah kewanitaan anda sulit bernapas, sehingga akan menimbulkan keringat dan bakteri, yang kemudian menyebabkan keputihan. Selain itu, masalah kebersihan juga menjadi penyebab utama. Usahakan untuk tidak membasuh organ kewanitaan menggunakan tissue basah, karena parfum dari tissue tersebut bisa juga menyebabkan timbulnya keputihan. Khusus bagi ibu hamil, stress dan perubahan mood atau suasana hati juga bisa menimbulkan terjadinya keputihan.

Penyebab Tanda Keputihan Pada Ibu Hamil

Keputihan itu sendiri terbagi menjadi 2 yaitu keputihan yang bersifat fisiologis (normal) dan juga patologis. Keputihan yang bersifat fisiologis ini umumnya terjadi saat masa subur, serta saat sesudah dan sebelum menstruasi. Biasanya saat kondisi-kondisi tersebut sering terdapat lendir yang berlebih, itu adalah hal normal, dan biasanya tidak menyebabkan rasa gatal serta tidak berbau. Keputihan fisiologis pada wanita hamil tidak berpengaruh terhadap janin secara langsung, karena adanya selaput ketuban yang dapat melindungi janin.

Ciri tanda keputihan yang fisiologis normal yaitu :
  1. Cairan yang keluar berwarna krem atau bening.
  2. Cairan yang keluar tidak berbau.
  3. Cairan keputihannya encer.
  4. Tidak menyebabkan gatal.
  5. Jumlah cairan yang keluar tidak terlalu banyak.
Keputihan jenis patologis disebut juga sebagai keputihan tidak normal. Jenis keputihan ini sudah termasuk ke dalam jenis penyakit. Keputihan patologis dapat menyebabkan berbagai efek dan hal ini akan sangat mengganggu bagi kesehatan wanita pada umumnya dan khususnya kesehatan daerah kewanitaan. Keputihan patologis akibat adanya infeksi akan mengakibatkan meningkatnya resiko bayi lahir prematur pada wanita hamil dan bayi pun akan turut terkena infeksi.

Ciri keputihan yang harus diwaspadai antara lain :
  1. Cairan yang keluar memiliki warna putih seperti susu, atau berwarna kuning atau juga hijau.
  2. Cairannya bersifat kental.
  3. Keputihan patologis menyebabkan rasa gatal.
  4. Cairan yang keluar memiliki bau yang tidak sedap.
  5. Biasanya menyisakan bercak-bercak yang telihat pada celana dalam wanita.
  6. Jumlah produksi cairan yang keluar sangat banyak.
Bahaya keputihan pada kehamilan salah satunya adalah bisa menyebabkan persalinan prematur (prematuritas), keputihan pada kehamilan juga dapat menyebabkan ketuban pecah sebelum waktunya serta kelahiran bayi dengan berat lahir rendah (kurang dari 2500 gram). Itu sebabnya, sangat diajurkan pada ibu hamil agar segera melakukan pemeriksaan kehamilan tatkala mendapatkan dirinya mengalami keputihan. Apalagi jika keputihan tersebut mulai timbul gejala gatal yang sangat hingga cairan berbau. Dan keputihan ibu hamil ini adalah termasuk dalam bagian keluhan ibu hamil yang paling sering terjadi.

Untuk mengurangi risiko yang ditimbulkan akibat keputihan, maka penting bagi para ibu hamil untuk memperhatikan perubahan cairan yang keluar dari vagina tersebut dan rutin konsultasi ke dokter kandungan untuk memastikan kesehatan ibu dan janin. Dan satu lagi, ibu hamil jangan segan-segan untuk menceritakan keluhan yang dialami selama kehamilan agar dokter bisa melakukan pemeriksaan lebih lanjut apabila terjadi sesuatu yang mengancam kehamilan dan janin.

G+

0 comments:

Post a Comment