Monday, March 4, 2013

Bayi Menangis

Posted by Polazila at 8:53 PM
Tidak dipungkiri bahwasannya dalam masyarakat kita mengenal mitos ataupun kepercayaan ketika bayi menangis maka hal tersebut akan melatih dan memperkuat paru-parunya. Tetapi hal tersebut tak sepenuhnya benar. Sebagai orang tua justru kita harus mengetahui akan penyebab bayi menangis tersebut karena apa.

Pada dasarnya seorang ibu bila mendengar anaknya tiba-tiba menangis atau karena sesuatu hal bayi menangis maka pada pikiran pertama atau sikap mother instinct akan memperkirakan bahwa ada sesuatu hal yang membuat bayi atau anak kita tidak nyaman sehingga berakibat terjadilah proses menangis tersebut.

Penyebab Bayi Menangis

Beberapa bayi dan anak akan menangis dan dengan tangisan yang keras dan biasanya pula oleh para orang tua akan membutuhkan waktu untuk bisa menenangkan dan juga mendiamkan tangisan bayi kita. Dan kebanyakan orang tua ataupun orang tua mengertikan bahwasannya tangisan seorang bayi dan anak adalah karena ada masalah dalam hal menyusui atau pun sejenisnya. Selain hal yang membuat tidak nyaman tersebut.

Pada dasar dan prinsipnya, bahwasannya bayi ini menangis adalah merupakan salah satu dari sekian banyak dari berbagai macam bahasa bayi dan juga cara bayi untuk meminta perlindungan dari diri ibu dan juga para orang tuanya dan menangis ini adalah cara si kecil berkomunikasi yang paling mudah dilakukan sang bayi dengan sang ibu.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang bayi menangis dan diantaranya yaitu :
  1. Rasa Sakit. Bila seorang bayi telah merasakan ketidaknyamanan atau pun rasa sakit maka hal ini bisa menyebabkan seorang bayi atau anak akan menangis. Orang tua yang telah berpengalaman dalam hal ini telah mempunyai beberapa anak biasanya akan bisa membedakan tangisan bayi karena sakit atau pun hal lainnya.
  2. Karena merasa lapar. Rasa lapar adalah alasan yang paling umum dan lazim yang menyebabkan bayi akan menangis. Bila karena hal ini maka cara untuk mengatasi tangisan bayi adalah dengan memberikan ASI. Bayi baru lahir cepat merasa lapar sehingga sering sekali minta disusui. Bila 3 atau 4 jam telah berlalu sejak terakhir kali dia menyusui dan dia menangis, kemungkinan karena merasa lapar.
  3. Rasa Tidak Nyaman. Rasa tidak nyaman pada bayi akan bisa menyebabkan sang bayi menangis. Bila pampers ataupun popoknya basah kena air kencing atau pun buang air besar maka hal pertama yang akan dilakukannya karena rasa idak nyaman tersebut adalah dengan menangis.
  4. Bila bayi, anak menangis serta rewel apakah bayi atau anak merasa kecapaian atau pun masih belum bisa tidur beristirahat seperti biasanya. Cara menenangkan bayi menangis karena ini adalah dengan cara cobalah untuk menimang bayi dan ayun di tangan ibu atau ayah atau bila mempunyai kereta dorong bisa menggunakan kereta dorong tersebut. Dan di malam hari, sang bayi anak tidur bersama ibu ayah akan bisa dapat menenangkan hampir semua bayi.
  5. Cemas khawatir. Hal ini biasanya akan terjadi bila bayi digendong oleh seseorang yang tidak biasanya menggendongnya. Dan ini lah yang dirasakan oleh sang bayi dan timbullah menangis pada anak atau pun bayi. Demikian pula pada anak-anak usia balita maka penyebab anak menangis karena berhubungan dengan orang asing inilah juga yang termasuk dalam kategori cemas khawatir pada anak.
  6. Bayi terganggu dengan suara berisik dan juga percakapan orang akan bisa juga menyebabkan bayi akan menangis. Untuk hal ini cara memenangkan bayi menangis adalah dengan membawa sang bayi ke kamar yang lebih tenang dan nyaman tanpa suara berisik.

G+

0 comments:

Post a Comment